Selasa, 19 November 2013

Hipertensi (Obat Herbal)

HIPERTENSI



PEMBAHASAN MAKALAH HIPERTENSI

A.      Pengertian Hipertensi
Hipertensi / Darah Tinggi adalah penyakit yang ditunjukkan oleh tekanan darah seseorang yaitu sistolik di atas 140 mm Hg dan diastolik di atas 90 mm Hg.  
B.        Penyebab Hipertensi :   
Sekitar 90-95% kasus penyakit hipertensi belum dapat diketahui penyebabnya. Hipertensi seperti ini disebut Hipertensi essensial.
Sekitar 5-10 % kasus penyakit hipertensi sudah dapat diketahui penyebabnya.
Hipertensi ini disebut Hipertensi Skunder yang antara lain kemungkinan disebabkan oleh kelainan kelenjar endokrin, kelainan fungsi jantung, kelainan fungsi ginjal, kelainan fungsi metabolisme yang menyebabkan komposisi darah kurang dan lain-lain faktor yang umumnya bersifat bawaan.
    Hipertensi esensial pada orang dewasa dan lanjut usia umumnya memiliki kemungkinan sebab yang berkaitan dengan degenerasi organ-organ tubuh. Organ – organ tubuh sesuai dengan usia mengalami penurunan vitalitas sehingga tekanan darah naik untuk memperoleh keseimbangan, atau bahkan tekanan darah naik karena keleluasaan peredaran darah terhambat karena penuaan pembuluh darah (penurunan elastisitas pembuluh darah) atau organ yang dilalui darah seperti jantung, ginjal, hati, paru – paru dan lain-lain. Serta kemungkinan sebab lain yang berkaitan dengan pengaturan syaraf pusat dan gangguan kelenjar endokrin.
    Hipertensi sekunder lebih mudah diatasi daripada hipertensi esensial karena sesudah sebabnya diketahui secara pasti maka pengobatan diarahkan untuk memperbaiki organ yang rusak. Jika pengobatan itu berhasil maka sewajarnya hipertensi itu akan sembuh.
C.       Gejala Hipertensi 
1.    Sakit Kepala
2.    Rasa pegal dan tidak nyaman pada tengkuk
3.    perasaan berputar seperti tujuh keliling serasa ingin jatuh
4.    Berdebar atau detak jantung terasa cepat
5.    Telinga berdenging 
D.       Pengobatan Hipertensi Dengan Tanaman Obat

Baca Selengkapnya : https://sehatsehatiweb.wordpress.com/category/obat-herbal/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar